Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Warga dan Mahasiswa KKN STAINU gelar Semarak Ramadhan dengan Perlombaan

By ADMIN 22 Mei 2019, 10:59:53 WIB Kegiatan

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, warga Desa Brengkol bersama Mahasiswa KKN STAINU Purworejo menggelar Semarak Ramadhan dengan berbagai perlombaan, bertempat di Balai Desa Brengkol, Minggu, 05/05/2019.Tema yang diambil dalam kegiatan ini yaitu "Kita, Kuatkan Iman, Tingkatkan Amal". Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, yang mengikutsertakan seluruh elemen warga yang terlibat dan turut memeriahkan perlombaan tersebut.


 

https://3.bp.blogspot.com/-fbNEuJ05wIc/XM7UD3jtutI/AAAAAAAAEAg/95XYqLhUKQEKpbXnul52bYNezFSGbIfigCLcBGAs/s400/reyreu.jpg 

Perlombaan

Ada 9 kategori lomba yang digelar sejak pagi hingga sore, yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC), Dai Kecil, Hias Tumpeng, Sepak Bola Karung, Balap Kelereng, Balap Karung, Memasukan Pensil Dalam Botol, Tahfid Surat Pendek dan Adzan. Irwan Asnawi Ketua Panitia mengatakan, seluruh rangkaian perlombaan diadakan dalam rangak menyambut bulan suci ramadhan. Sekaligus mengingatkan bahwa sebagai umat islam kita harus menyambut bulan mulia dengan penuh kegembiraan dan menjujunjung tinggi kerukunan. Bukan pada perbutan juaranya, tapi kita tekankan pada kemeriahan dan menggambarkan kerukunan antar pemuda dan warga masyarakat. Mereka sangat berantusias untuk mengikuti perlombaan tersebut. Jadi ya perlombaan kita buat selain ada nilai edukasi religi juga senang-senang dan lucu-lucuan yang diambil dari perlombaan tradisional, supaya perlombaan tersebut bisa mengenang masa lampau dan memperkenalkan pada anak-anak sekarang dengan permainan tradisional karenan anak sekarang banyak yang sudah tidak memepermaikan permainan tradisional tersebut. Mereka malah sibuk dengan getget ( Hp ) laptop atau komputer dimana mereka hanya bermain sosmed atau game (Mobel legen, dll). Padahal permainan tradisonal lebih mengasikkan dibandingkan dengan bermain dengan getget ( Hp ) laptop atau kumputer. Ada nilai dan pesan moral dari permainan tradisonal ini, salah satunya menguji kekompakan, belajar kerja sama, melatih kesabaran dan masih banyak lainnya.

 

https://4.bp.blogspot.com/-dCpVX_stv54/XM7UdoVLCaI/AAAAAAAAEAo/rKjmjoK_zuYAJXDib0xR6rfWh7LOYHeTgCLcBGAs/s400/werw.jpg 

Perlombaan Sepak Bola

Lebih jauh Irwan mengungkapkan, dari baerbagai perlombaan khusus yang dibuka untuk umum yaitu sepak bola karung dan hias tumpeng, dimana lomba tersebut diikiti oleh hampir dari seluruh warga mulai dari anak-anak hinggi dewasa. Sedangkan untuk perlombaan lainya diambil dari pemuda dan anak-anak.
Untuk yang juara LCC, Dai Kecil, Adzan dan Tahfidz nanti akan kita ikut sertakan perlombaan di tingkat kecamatan pada tanggal 19 Mei besok.

https://3.bp.blogspot.com/-VkJg0Y6Gulo/XM7Ux9v3mWI/AAAAAAAAEAw/abcx74pF7MA3BRTc0DDKA5SRnKCQDERWQCLcBGAs/s400/index.jpg 

Lomba Tumpeng

Sementara itu, Ketua Karangtaruna Desa Brengkol Awang mengungkapkan, terimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat. Terkhusus kepada Mamasiswa yang sedang melaksanakan KKN. Dirinya berharap selain menambah kemeriahan dalam menyambut bulan suci, kegiatan tersebut dapat memicu semangat para pemuda dalam membangun daerahnya. Baru pertamakali kita laksanakan, kebetulan ada Mahasiswa yang lagi KKN sehingga kita maksimalkan dengan menggelar beberapa perlombaan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment