Cegah Penularan DBD di Dukuhkulon, Desa Pituruh, Pemdes Adakan Fogging

By ADMIN 22 Mei 2019, 10:50:43 WIB Kegiatan

https://3.bp.blogspot.com/-ZkZXFDPpYt8/XMMuSG14u2I/AAAAAAAAD7s/LbPZfIYzk64tRHkJ3R4KkoNHiY1ticOuQCLcBGAs/s400/12.jpg

 

Demi mengantisipasi terjadinya kembali korban demam berdarah, Pemerintah Desa Pituruh yang bekerjasama dengan UPT Puskesmas Pituruh, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo mengadakan kegiatan Fogging, Fogging ini dilakukan di Dukuh Kulon, Desa Pituruh, Pituruh, Jum'at, 26/04/2019, pukul 09.00 WIB.

Fogging yaitu untuk mengatasi demam berdarah dengue (DBD) harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Fogging tidak bisa dilakukan sembarangan, tapi harus berdasarkan kasus. Kurang lebih sebanyak 200 rumah warga mendapat semprotan asap untuk mengantisipasi terjadinya demam berdarah. Kegiatan fogging ini dilakukan, karena warga setempat terkena wabah demam berdarah, sehingga warga yang terkena dilarikan ke Rumah Sakit Palang Biru, Kutoarjo.

 

 

https://1.bp.blogspot.com/-nRDaqRFeTj0/XMMxT7mncbI/AAAAAAAAD74/IkS1TUb9s3cQrwELrv9xHEJPlYoJN6O2gCLcBGAs/s400/2e4.jpg 

Kondisi sekitar rumah warga

Sebanyak 10 warga desa Pituruh terserang penyakit DBD, 4 warga sudah positif terjangkit DBD dan sudah mendapat perawat di Rumah Sakit Palang Biru, Kutoarjo. Kepala Desa Akhmad Anwar mengatakan, ada satu tempat diwilayah Dukukulon, Desa Pituruh ini yang terkena wabah penyakit demam berdarah, menindakkanlanjut wabah ini kami beserta PSN, dengan melibatkan semua RT dan Karangtaruna Desa Pituruh.

 

https://3.bp.blogspot.com/-RWhrzpzKqB4/XMM29ISehqI/AAAAAAAAD8E/MzJ3NN1dNscyYS3j0sezlX7Q0r_KjfWswCLcBGAs/s400/234.jpg 

Kepala Desa Pituruh Akhmad Anwar

Saya sangat berterimakasih sekali kepada DKK yang mana telah memenuhi permintaan dari kita selaku warga di Dukuhkulon ini, yang mana telah diadakannya fogging pada pagi hari ini. Berharap kepada masyarakat untuk hidup lebih bersih seperti lingkungan, melihat lingkungan sekitar banyak tempat yang kurang bersih. Maka hal tersebut bersama warga masyarakat pemerintah desa akan mengadakan bersih-bersih lingkungan secara bersama-sama, yang diadakan sebelum ramadhan tiba.

Salah satu korban wabah DBD, Devi Ratnasari warga Dukuhkulon mengungkapkan, yang terkena penyakit dbd satu keluarga dua orang yaitu Ibu dan Devi, dan sempat dirawat di Rumah Sakit Palang Biru, kurang lebih satu minggu.

 

https://1.bp.blogspot.com/-0vF4wlu7X1Y/XMM3tHdAmiI/AAAAAAAAD8M/GJ7gMtkKXS0fKyZ04ODUzzebUwKH6DbBACLcBGAs/s400/wer5r32.jpg 

Penyemprotan di Rumah Warga

 

Awalnya panas dingin, tapi tidak menentu, kadang sore, pagi dan malam. Kepala sedikit agak pusing serta mual-mual. "Adanya kegiatan Fogging, semoga tidak ada lagi korban DBD yang terjangkit didaerah Dukuhkulon. Kami berharap kegitan ini tidak hanya ada di dukuh kulon tapi bisa bergilir di wilyah desa Pituruh yang lainnya juga agar tidak ada yang terkena DBD. Tetapi juga seharusnya juga didukung dengan kesadaran warga sendiri untuk berpola hidup sehat salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang bersih buang lah sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan anorganik. Kemudian kuburlah barang-barang bekas agar tidak ada genangan ari ketika hujan tiba.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment