Waspada Siklon Seroja

By ADMIN 12 Apr 2021, 08:52:51 WIB Kegiatan

Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno, S.STP.,M.M. menghimbau kepada seluruh warga pituruh untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya Siklon Seroja. Hal ini sesuai dengan surat dari Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya mineral Provinsi Jawa Tengah nomor 545.5/2230 tanggal 10 April 2021 yang berbunyi sebagai berikut :

Memperhatikan Prakiraan Cuaca Bulan April 2021 dari Stasiun Klimatologi Semarang Badan Meteorologi dan Geofisika, peta zona kerentanan gerakan tanah di Jawa Tengah serta informasi dari Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM RI dengan hormat kami laporkan sebagai berikut :

a. Siklon Tropis SEROJA masih bearada di wilayah Samudera Hindia dengan pergerakan kearah baratdaya semakin menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin maksimum Siklon Tropis SEROJA sekitar 40 knot (75 km/jam).

b. bibit siklon 90S yang sejak tanggal 2 April 2021 muncul bersamaan dengan bibit siklon cikal bakal siklon SEROJA saat ini telah tumbuh menjadi Siklon Tropis ODETTE di Samudra Hindia, tepatnya pada posisi 14.2LS dan 107.7BT atau sekitar 780 km selatan barat daya dari Cilacap dan berada di wilayah tanggungjawab Australia. Dalam 24 jam kedepan , diperkirakan Siklon Tropis Odette akan terus bergerak ke arah selatan - barat daya menjauhi wilayah Indonesia dengan intensitas yang cenderung melemah.

c. Keberadaan Siklon Tropis Seroja dan Siklon tropis Odette dalam 24 jam kedepan ini memberikan dampak TIDAK LANGSUNG berupa :

- Potensi hujan dengan intensitas Sedang-Lebat. Prakiraan Curah Hujan 201- 300 mm berada di Kab Cilacap bagian Tengah, Sebagian besar Kab Kebumen, dan Selatan dan Kab Purworejo bagian Selatan. Prakiraan Curah Hujan 301-400 mm berada di sebagian besar Kab Cilacap, Kab Kebumen bagian Tengah, Kab Purworejo bagian Tengah. Prakiraan Curah Hujan 401- 500 mm berada di Kab Purworejo bagian Utara, dan Kab Kebumen bagian Utara.

- Potensi gelombang tinggi tanggal 10-12 April 2021 pada Perairan Cilacap sampai Purworejo. Tanggal 10-11 April 2021 arah angin gelombang PerairanCilacap sampai Purworejo berarah tenggara utara, tinggi gelombang 2,5-10 meter serta kec gelombang 2-10 knot. Tanggal 10-12 April 2021 arah angin gelombang Perairan Cilacap berarah barat daya- utara, Perairan KebumenPurworejo berarah selatan-utara, tinggi gelombang 2,5-10 meter serta kec gelombang 2-10 knot

d. Diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan akan terjadinya bencana gerakan tanah (tanah longsor) terutama pada lokasi-lokasi yang mempunyai karakteristik kerentanan gerakan tanah menengah-tinggi/tanah mudah longsor pada peta warna kuning-merah dengan arsir curah hujan > 300 mm sebagai berikut:

WILAYAH YANG PERLU DIWASPADAI KEMUNGKINAN TERJADI TANAH LONGSOR TERHADAP PRAKIRAAN CURAH HUJAN KABUPATEN PURWOREJO BULAN APRIL TAHUN 2021

Kriteria Curah Hujan 301 - 400 mm Wilayah Sebagian besar Kec. Pituruh, Bagian Utara Kec. Pituruh, Sebagian Kec. Gebang, Sebagian Besar Kec. Bener, Sebagian Kec. Loano, Sebagian Kec. Kaligesing, Sebagian kecil Kec. Bruno Potensi Gerakan Tanah Menengah- Tinggi

Kriteria curah hujan 401 - 500 mm dengan wilayah Sebagian besar Kec Bruno, Bagian Utara Kec Pituruh, Sebagian kecil Kec Kemiri, Potensi Gerakan Tanah Menengah-Tinggi.

 

Sehubungan dengan hal tersebut diatas agar mengambil langkah langkah mitigasi sebagai berikut :

1. Selalu memantau kesiapsiagaan masyarakat yang berada di daerah yang mempunyai tingkat kerentanan gerakan tanah menengah-tinggi dan curah hujan > 300 mm.

2. Menyiapkan Infrastruktur dan sarana prasarana untuk antisipasi bila terjadi bencana

3. Mengaktifkan sistem EWS (Early Warning System) dan ronda masyarakat saat terjadi hujan lebat lebih dari 30 menit

4. Mengatur saluran air/drainase lereng untuk mengurangi erosifitas yang mengganggu stabilitas lereng tersebut..

 

Demikian untuk menjadikan perhatian dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment