Pensosmas Purworejo Hadir Untuk Adya, Penderita Osteosarcoma

By ADMIN 08 Sep 2020, 08:19:08 WIB Kegiatan

NGANDAGAN, (pituruhnews.com) - Sebagai bagian dalam melaksanakan tugas pokoknya yang berasaskan Komunikasi, Informasi, Motivasi dan Edukasi (KIME), Tim Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) Kabupaten Purworejo berkunjung ke rumah penderita kanker tulang (osteosarcoma), Florensia Adyastama Hastari (9th) yang bertempat di Desa Ngandagan pada hari Jumat kemarin, (28/8/2020). Silaturahmi ini bertujuan untuk menghimpun data perkembangan penanganan anak tersebut.

 

Dalam kunjungan tersebut Pensosmas diwikili oleh 4 anggota Relawan Pensosmas yakni Ngasisman, Muh Kholib, Mahmudin, dan Sri Suliyani. 

 

Pensosmas Purworejo

Berdasarkan keterangan dari orang tua penderita, biaya pengobatan sempat terkendala oleh BPJS Mandiri yang statusnya nonaktif selama 5 tahun akibat beban pembayarannya. Menanggapi hal tersebut, Pensosmas Kabupaten Purworejo akan mengkoordinasikan ke pihak Dinas Sosial agar dapat segera ditindaklanjuti. 

 

 

“Mengenai hal ini, selanjutnya akan kita teruskan ke Dinas Sosial yang berwenang menindaklanjuti dan mengkoordinasikan dengan pihak terkait. Kami di sini akan membantu memantau dan menyediakan fasilitas dengan koordinasi bersama dinsos” ujar Ngasisman.

 

Sementara ini, sebagai pengganti BPJS yang masih nonaktif, Pemkab Purworejo telah memberikan bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang membebaskan seluruh biaya pengobatan Adya. Namun besarnya biaya operasional membuat Antonius ayah dari penderita osteosarcoma ini melakukan penggalangan dana melalui web www.kitabisa.com untuk meringankan beban biayanya.

 

Diceritakan, Antonius Suliari Redani melalui galangan donasi "kitabisa" untuk Florensia Adyastama Hastari bahwa Florentia Adyatama Hastari mengalami gejala terbentur dan bengkak selama kurang lebih 3 minggu. Karena tidak kunjung membaik, ayahnya Florentia Adyatama Hastari membujuk anaknyat supaya mau di bawa ke rumah sakit.

 

Akhirnya setelah anaknya mau, ia memberanikan diri membawanya ke RS. Palang Biru Kutoarjo supaya di lakukan tindakan, dan rawat inap selama 4 hari. Dengan tindakan scan/rongsen, hasil diagnosa: suspect osteosarcoma. Kemudian dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

 

 

sumber dan selengkapnya di https://www.pituruhnews.com/2020/08/pensosmas-purworejo-hadir-untuk-adya.html




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment