SMA N 10 Purworejo Berhasil Sumbangkan Prestasinya di Festival Film Pendek Pelajar Rutan Purworejo 2019

By ADMIN 20 Nov 2019, 08:07:37 WIB Kegiatan

PURWOREJO, (pituruhnews.com) -  Festival Film Pendek Pelajar Kabupaten Purworejo 2019, pada Senin (18/11/2019) saat Malam Penganugerahan Festival Film Pendek Pelajar di Aula Rutan Purworejo.

Cahaya di Balik Jeruji’ karya siswa SMAN 8 sebagai juara pertama dalam ajang Festival Film Pendek Pelajar Kabupaten Purworejo 2019. Festival film pendek ini diikuti oleh pelajar SMP dan SLTA di Kabupaten Purworejo dengan dewan juri berasal dari Dewan Kesenian Purworejo (DKP).

Diungkapkan Kepala Rutan Kelas 2B Purworejo Lukman Agung Wibowo, festival film pelajar ini diadakan supaya masyarakat tahu bahwa rumah tahanan atau penjara bagi sebagian besar masyarakat adalah tempat yang menyeramkan.

"Maka untuk menghilangkan momok atau stigma kelam tersebut, kami berinisiatif mengadakan Festival Film Pendek Pelajar Kabupaten Purworejo 2019, dan rencananya akan kita adakan setiap tahunnya, " ujar Lukman.

"Festival Film Pendek ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang lembaga pemasyarakatan atau rutan. Sekarang ini sosialisasi pemasyarakatan secara langsung sudah tidak terlalu efektif, yang lebih efektif sekarang ini dengan media sosial ataupun film pendek yang diunggah ke kanal Youtube, " imbuhnya.

Perwakilan SMA N 10 Purworejo

Lukman juga menambahkan bahwa peserta festival film pendek ini sebanyak 12 peserta mengikuti tahap seleksi dewan juri berdesarkan beberapa kriteria. Dengan diantaranya kesesuaian tema tentang pemasyarakatan, unsur pendidikan yang harus meminimalkan hal-hal yang berbau kekerasan, teknik pengambilan gambar dan editing, akhirnya terpilih sebagai pemenang yakni.

Juara pertama diraih karya siswa SMAN 8 Purworejo dengan judul film ‘Cahaya di Balik Jeruji’ dokumenter berisi kegiatan warga binaan di dalam rutan serta pandangan-pandangan masyarakat terhadap napi dan rutan.

Juara dua film berjudul ‘Kita Sama, karya siswa MAN Purworejo, sedangkan juara ketiga berjudul ‘Kesempatan Kedua’ karya siswi SMAN 10 Purworejo, untuk juara favorit berjudul ‘Jeruji Tobat diraih SMK TI Cendikia.

Pada saat ditemui crew Pituruh News, perwakilan sekolah dari kecamatan Pituruh SMA N 10 Purworejo, Rahman Sofian Wijya mengungkapkan, tidak menyangka dapat mendapatkan juara tiga, walaupun hanya mendapatkan peringkat ketiga dan akan tetap berjuang pada event event film pendek tingkat pelajar.

Judul yang dibawakan oleh SMA N 10 Purworejo yaitu Kesempatan Kedua, ini mengisahkan mantan narapidana yang keluar, dan mendapatkan cemoohan oleh lingkungan sekitar, yang berkeinginan untuk berubah.

"Berharap festival ini menjadi tonggak perfilman di Purworejo, supaya Purworejo lebih maju dibidang perfilman, " ujar Rahman.

Untuk para juara, Rutan Purworejo memberikan piala, piagam dan uang pembinaan.

 

Penulis : Purnomo

Editor : Luthfi




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment