Kunjungi SMA N 10 Purworejo, Dalang Perempuan Nyi Dwi Puspita Ningrum Kenalkan Tokoh Pewayangan

By ADMIN 30 Okt 2019, 07:57:45 WIB Kegiatan

Dalang perempuan Purworejo Nyi Dwi Puspita Ningrum MPd mengunjungi SMA N 10 Purworejo pada Jum'at, 25/10/2019. Kunjungan ini dalam rangka Tepang Wayang, supaya wayang lebih dikenal oleh masyarakat.

Kunjungan ini bertujuan mengenal wayang kepada siswa-siswa SMA N 10 Purworejo, ini merupakan sebagai upaya melestarikan seni budaya pada generasi muda.

Tepang Wayang ini diikuti sebanyak 563 siswa-siswi SMA N 10 Purworejo yang terdiri dari kelas X  233 siswa, kelas XI 176 siswa, dan kelas XII 154. Didampingi oleh Kepala Sekolah Setyo Mulyaningsih dan dewan guru SMA N 10 Purworejo.

Penyampaian siswa

Setyo Mulyaningsih mengatakan bahwa ini merupakan bulan bahasa dengan digelar berbagai macam kegiatan antara lain lomba foto bertemakan lingkungan hidup, lomba video berbahasa Inggris, menyanyi campurasi dan video pembelajaran dengan menggunakan bahasa Inggris.

"SMA N 10 Purworejo juga bekerjasama dengan dalang perempuan Purworejo yaitu Nyi Dwi Puspita Ningrum MPd, ini merupakan sebagai wujud pengenalan seni budaya wayang yang kami rangkaikan dikegiatan bulan bahasa ini, " kata Setyo.

"Saya berharap seluruh siswa SMA N 10 Purworejo ini, terus mampu mengenal budaya Jawa, melestarikan budaya Jawa. Dan saya sangat mengapresiasi kepada dalang perempuan Nyi Dwi Puspita Ningrum MPd, karena beliau sangat peduli pada budaya jawa khususnya budaya pewayangan, dan mengajarkan anak didik lebih mengenalkan budaya jawa, " imbuhnya.

Foto bersma dengan dalan perempuan dan kepala sekolah

Nyi Dwi Puspita Ningrum MPd juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai kegiatan Tepang Wayang, pengenalan tokoh-tokoh wayang kepada siswa-siswa sekolah SMA N 10 Purworejo.

"Pengenalan tokoh-tokoh itu dikemas dengan frakmen wayang, seperti dialog Pendowo dengan tokoh Punokawan, interaktif siswa-siswi SMA N 10 Purworejo dan juga nembang bersama, " katanya.

"Apresiasi dan antusias siswa-siswa SMA N 10 Purworejo sangat baik, ketika saya menyampaikan materi siswa mendengarkan dengan seksama, dan pada saat tanya jawab siswa dapat menjawabnya. Saya berharap generasi muda lebih mencintai budaya bangsa, seni tradisional, tidak hanya mempelajari seni modern saja, dan ikut melestarikan budaya bangsa, " imbuhnya.

Siswa SMA N 10 Purworejo Rosalinda mengungkapkan sangat senang dengan adanya acara seperti ini, karena untuk pengetahuan anak jaman sekarang, supaya tahu seni budaya jawa tidak hanya seni budaya modern.

"Acara seperti ini sering diadakan disekolah-sekolah, karena ini sebagai pengetahuan seni kepada siswa-siswi sekolah, " pungkasnya.

Reporter : Purnomo

Editor : Luthfi




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment