Kepsek SMP N 40 Purworejo : Sistem Belajar Daring, Orang Tua Merasa Kerepotan Dalam Membimbing Materi Pembelajaran

By ADMIN 23 Jul 2020, 10:19:16 WIB Kegiatan

KALIKOTES, (pituruhnews.com) - Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ini memang membutuhkan pemikiran luar biasa. Hal ini diakibatkan karena tidak diperbolehkannya Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah sebelum zona hijau. 

 

Akibatnya proses belajar mengajar di sekolah harus melalui pembelajaran jarak jauh hal ini hanya mampu dilakukan melalui akses jaringan internet. Pembelajaran jarak jauh melalui jaringan internet ini dikenal dengan istilah pembelajaran DARING (Dalam Jaringan).

 

Salah satunya SMP N 40 Purworejo yang melakukan pembelajaran dengan metode DARING (Dalam Jaringan).

kepala sekolah SMP N 40 Purworejo Himawan Susrijadi, S.Pd.,M.Pd 

Diungkapkan, kepala sekolah SMP N 40 Purworejo Himawan Susrijadi, S.Pd.,M.Pd meskipun menggunakan metode daring, ada beberapa alasan siswa tidak bisa mengikuti daring ini, diantarannya siswa tidak punya android, pulsa apalagi jaringan internet di rumah, maka sekolah harus menggunakan sistem tugas/penugasan.

 

Sistem ini dengan menghadirkan orang tua siswa ke sekolah untuk mengambil materi dan tugas guru selanjutnya dikumpulkan kembali ke sekolah. Ini juga menggunakan jangka waktu pengambilan tugas dan pengumpulan bisa 3, 4 hari. 

 

"Sistem pembelajaran yang kedua ini dikenal dengan istilah pembelajaran LURING (Luar Jaringan)." kata Himawan, Rabu, 22/07/2020.

pembelajaran siswa dirumahnya

Ia mengatakan meskipun SMP Negeri 40 Purworejo sekolah pinggiran, namun tetap mengedepankan analisis ilmiah di dalam menerapkan ke-dua sistem pembelajaran tersebut.

 

Yang mana pada akhirnya dicoba dulu sistem pembelajaran yang tersulit yaitu sistem DARING. "Alasan sebelum memutuskan memakai LURING/DARING-LURING SMP Negeri 40 Purworejo memiliki alasan yang tepat, jika akan berubah ke LURING/DARING-LURING jadi tidak asal saja. " ucapnya.

 

sumber dan selengkapnya di : https://www.pituruhnews.com/2020/07/kepsek-smp-n-40-purworejo-sistem.html




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment